Dishub dan Satlantas Polresta Bandung Gelar Inspeksi Keselamatan LLAJ

Dishub Kab. Bandung dan Satlantas Polresta Bandung Ciptakan Zona Nyaman Bagi Pengendara dan Wisatawan

Saufat Endrawan

Kadishub Kab. Bandung, Drs. H. Iman Irianto Sujana, M.Si dan Kasat Lantas Polresta Bandung, Kompol Rislam Harfian Periksa Kelaikan Bus Pariwisata di Pintu Tol Soroja, Soreang, Sabtu (3/9)

Reporter: Saufat Endrawan

Opininews.com, Bandung - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung dan Satlantas Polresta Bandung membangun sinergi untuk melakukan berbagai langkah preventif mengantisipasi kejadian laka lantas di Wilayah Kabupaten Bandung.

Melihat dari berbagai kejadian seperti di Gekbrong Cianjur, di Ciamis dan terakhir di Bekasi yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Maka pada Sabtu 3 September 2022, Dinas Perhubungan bersama Satlantas Polresta Bandung melaksanakan Giat Inspeksi Keselamatan LLAJ (Rampcheck) Kendaraan Angkutan Penumpang Umum (BUS) dan Angkutan Barang Umum yang akan masuk ke Wilayah Kabupaten Bandung via Gate Exit Toll Soreang.

Sedikitnya 48 unit kendaraan, diantarannya Bus Besar: 14 Unit, Micro Bus 10 Unit, Truk 8 Unit, Pick Up 15 unit dan Angkutan Kota (Angkot) 1 unit, telah diperiksa dan hasilnya terdapat beberapa kendaraan dikenakan sanksi tilang karena kurang memenuhi persyaratan teknis dan administrasi, diantaranya, Tilang Dishub 4 ( uji berlaku sudah habis dan 1 unit tidak memenuhi persyaratan laik jalan khususnya kondisi roda ban sudah tidak layak) dan Tilang Polresta 20 STNK dan 5 SIM yang sudah habis masa berlaku.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Drs. H. Iman Irianto Sujana, M.Si kepada www.opininews.com, di Bandung, Sabtu (3/9) mengatakan, personil yang dikerahkan pada kegiatan ini 15 personil Satlantas Polresta Bandung, 20 Personi Pejabat Struktural dan Petugas Bidang Lalin Dinas perhubungan serta tiga anggota penguji Kendaraan Bermotor UPT PKB Dishub Kabupaten Bandung serta enam personil lainnya.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas pada Kendaraan Angkutan Penumpang Umum (BUS) dan Angkutan Barang Umum yang akan masuk ke Wilayah Kabupaten Bandung via Gate Exit Toll Soreang," jelas Iman Irianto.

Kasat Lantas Polresta Bandung, Kompol Rislam Harfian mengatakan, pihaknya akan selalu berupaya menciptakan suasana wilayah hukum Polresta Bandung menjadi zona nyaman bagi para pengemudi termasuk para wisatawan.

"Yah salahsatunya kendaraan yang melintasi wilayah hukum Polresta Bandung harus laik jalan. Sehingga kami tak henti hentinya melakukan pengawasan terhadap kendaraan agar selalu dalam kondisi prima. Karena jika.kendaraam tidak prima maka akan merugikan penumpang termasuk akan menggangu pengendara lainnya," kata Kasat Lantas Polresta Bandung.

Apalagi kata Rislam, untuk menuju objek wisata di Kabupaten Bandung, di Ciwidey dan Rancabali, berkelok menanjak serta curam.

"Jadi saya himbau kepada pengendara periksalah kelaikan kendaraan.Periksalah rem, ban, oli serta mesin dan lampu-lampu jika ingin melintasi wilayah Kabupaten Bandung," tegas Rislam.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan