Ani Sundari Pimpin Rombongan Studi Tiru ke Dispora Kab. Sleman

Ani Sundari: Banyak Hal Baik di Dispora Kab. Sleman di Terapkan Dispora Kab. Bandung

Saufat Endrawan

Hj. Ani Sundari, M.Si Pimpin Rombongan Dispora Kab. Bandung Studi Tiru ke Dispora Kab. Sleman

Reporter: Saufat Endrawan

Opininews.com, Sleman -- Kepala Dispora Kabupaten Sleman, D.I. Yogjakarta, Heru Saptono, S.TP, MM, sambut baik studi tiru yang dilakukan Dispora Kabupaten Bandung yang dipimpin Hj. Ani Sundari, M.Si, Kepala Seksi Pengembangan IPTEK Keolahragaan.

Berbagai topik penting dibahas, termasuk pengelolaan sarana dan prasarana olahraga, teknologi olahraga, serta program pengembangan kepemudaan.

Hal ini diungkapkan Heru Saptono saat menyambut kehadiran Rombongan Dispora Kabupaten Bandung yang akan melaksnakan studi tiru, tanggal 9-11 Oktober 2024.

Kadispora Kabupaten Sleman, menyambut rombongan Dispora Kabupaten Bandung didampingi beberapa staffnya diantaranya Kepala Bidang Pengelolaan Sarana dan Prasarana Olahraga.

"Kabupaten Sleman memiliki sistem pengelolaan sarana olahraga yang berbeda. Fasilitas olahraga dikelola oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) melalui kerja sama dengan pemerintah desa setempat. Dispora Sleman sendiri lebih berfokus pada penyelenggaraan event olahraga, sementara pemeliharaan dan manajemen sarana menjadi tanggung jawab BKAD. Model ini dipandang efektif karena mampu menjamin pemerataan akses fasilitas olahraga bagi masyarakat di seluruh kecamatan" papar Idris Syamsir, ST, Kasi Sarana dan Prasarana olahraga.   

Ia mencatat bahwa sarana yang tersebar di berbagai wilayah seperti di Sleman, dapat memberikan wawasan baru bagi Kabupaten Bandung dalam hal peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap sarana olahraga.

Pemanfaatan Teknologi dalam Pengembangan Keolahragaan salah satu highlight dari kunjungan ini adalah paparan mengenai Aplikasi SIM Punglor Muda yang dikembangkan oleh Dispora Kabupaten Sleman

. Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi tentang event olahraga, pemesanan lapangan, dan pendaftaran turnamen secara online.

Delegasi dari Dispora Kabupaten Bandung melihat potensi aplikasi ini sebagai inspirasi dalam pengembangan Sistem Data Keolahragaan (SIDORA) dan Sistem Informasi Kepemudaan (SIDOPA) yang sedang dirintis di Kabupaten Bandung.

“Kami sangat tertarik dengan aplikasi ini karena memudahkan akses masyarakat terhadap kegiatan olahraga. Kami akan mempertimbangkan untuk mengadopsi konsep serupa di Bandung,” ujar Ani Sundari kepada www.opininews.com, di Sleman, kemarin.

Dispora Kabupaten Bandung lanjut Ani, akan menggali informasi mengenai sistem pengawasan hibah yang diterapkan di Sleman. Karena saat pemaparan, Dispora Sleman menjelaskan bahwa pengawasan dilakukan melalui sistem pencairan hibah bertahap dan administrasi yang ketat.

"Ini memberikan wawasan baru bagi Kabupaten Bandung dalam hal transparansi dan akuntabilitas pengelolaan hibah" jelas Ani.

Dalam bidang kepemudaan, lanjut Ani, Dispora Sleman juga telah berhasil melaksanakan program pengembangan wirausaha muda dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi pemuda, sebuah langkah strategis yang sejalan dengan visi nasional menciptakan wirausaha muda menuju Indonesia Emas 2045

Dispora Kabupaten Bandung mencatat potensi penerapan program ini untuk meningkatkan kemandirian pemuda di wilayahnya.

Kesimpulan dari kunjungan kerja ini, jelas Ani banyak memberikan manfaat bagi Dispora Kabupaten Bandung.

Tidak hanya mendapatkan wawasan mengenai pengelolaan fasilitas olahraga dan teknologi keolahragaan, kunjungan ini juga memperkuat kerja sama antara kedua dinas. Diharapkan, hasil kunjungan ini akan menjadi landasan dalam perencanaan program yang lebih inovatif di masa mendatang, serta memperkuat sinergi antara Bandung dan Sleman dalam memajukan sektor olahraga dan kepemudaan.

“Ini bukan hanya soal berbagi ilmu, tetapi juga membangun hubungan jangka panjang untuk kemajuan bersama,” ujar Ani Sundari.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas program olahraga dan kepemudaan di Kabupaten Bandung serta menginspirasi kerja sama antar wilayah dalam memajukan olahraga nasional.

( Saufat Endrawan )

Editor: Saufat Endrawan